Sabtu, 22 Oktober 2011

Que Sera, Sera

Saat ini saya menjalani hari sebagai seorang mahasiswi UK Maranatha Bandung jurusan Akuntansi. Yoa, Akuntansi meeennn (doyan ngitung duit :D). Saya sendiri sampai sekarang sebenarnya tidak menaruh minat sedikitpun dengan jurusan ini. Memang Akuntansi merupakan salah satu pelajaran yang saya suka ketika saya menduduki bangku SMA selain Geografi. Setelah saya pertimbangkan dahulu, sangat tidak mungkin saya menjerumuskan diri saya untuk mengambil jurusan Kedokteran (ya iyalah secara gue anak IPS!) dan tidak mungkin saya memperdalam ilmu Geografi saya. Saya tidak mau jadi guru -__-, ya jadilah jurusan Akuntansi inilah yang saya pilih.

Kenapa di Bandung? Yup, saya bukan lahir bahkan besar di Bandung seperti sudah saya sebut di post saya sebelumnya. Saya besar di Batam, itu tuuuhh saudaranya Singapore ^.^. Saya bisa nyasar ke sini karena 2 abang saya sudah ngungsi ke sini duluan untuk menggali ilmu. Setelah UN pun Mama saya mengirim saya (kayak paket aja) ke Bandung, tujuannya sih untuk bimbel biar bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Saya aja sebenarnya gak tau apa-apa loh tentang perguruan tinggi manapun. Di sekolah ditawarin PMDK UI, USU, dan entah apa lagi saya ikutin aja, dikirim si Mama ke Bandung pun saya ikut aja dan saat itu tentu saya beraaattt banget meninggalkan si Brondong :(

Saya lupa berapa lama, sekitar 1-2bulan saya mengikuti bimbel untuk persiapan SNMPTN. Belajar sih rajin banget, tiap hari! Sampai ke rumah abang kelas yang kuliah di ITB untuk belajar matematika yang menurut saya dikerjain bareng tuh gampang ahahahaa (ya iyalah!)

Lanjut lanjut lanjut, pahit pahit pahit, tidak satupun PMDK saya diterima, tidak satupun saya lolos dalam ujian saringan masuk mandiri yang saya ikuti, dan termasuk tidak lolos SNMPTN. Pahit banget, dalam hati tuh ya capek banget gue blajar ampe nyebrang pulau! Waktu itu saya sangat tidak menerima keadaan saya. Disuruh kembali ke Batam pun saya marah-marah, ya iyalah Ma. Malu banget kan udah merantau pulang lagi tanpa hasil :(

Jadinya saya mengikuti USM Parahyangan dan Maranatha. Diterima sih di Unpar dengan jurusan yang sama tapi saya bandingkan biayanya lebih murah Maranatha jadi saya pilih Maranatha ya agar si Mama gak terlalu berat tanggungannya soalnya saat itu kedua abang saya masih kuliah.

Kembali lagi mengapa Akuntansi, salah satu pendorongnya yaitu suatu hasil pemeriksaan psikologi yang entah goresan tangan saya yang berbohong, psikolognya yang kecapekan jadi salah neliti atau memang Tuhan yang mau, dikirimkanlah hasil tes tersebut sebagai berikut...


Ya ampun! Tidak satupun yang gue banget. Apa-apaan itu ketelitian peringkat pertama? Jurusannya? Kok gak ada yang pas? Ah, semakin bimbang dan semakin yakinlah saya bahwa jurusan satu-satunya yang bisa dan harus saya pilih adalah Akuntansi.

Sayangnya sampai saat ini menjalani kuliah jurusan Akuntansi, saya tidak terpikirkan mau jadi apa kelak. Bagaimana kelanjutan hidup saya setelah lulus nanti? Saya tidak mau hanya duduk monoton di depan komputer dan mengerjakan berbagai laporan keuangan. Bukan saya banget. Terbesar di keluarga wiraswasta mendidik saya untuk bekerja dengan kemampuan dan keahlian sendiri tanpa adanya ilmu berlebih selain kreatifitas yang oke banget.

Tapi inilah hidup yang sudah saya pilih, setidaknya saya harus pertanggungjawabkan pilihan saya kepada diri saya sendiri dan kepada Mama saya yang sudah saya tinggalkan di Batam sendirian dan sudah membiayai saya.


"Que sera, sera,
Whatever will be, will be
The future's not ours to see.
Que sera, sera,
What will be, will be."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar